Jelang Sekolah Tatap Muka, RAPI Indonesia Gelar Diskusi.

MEGAPOLITANPOS.COM. JAKARTA- Relawan Advokasi Pendidikan Indonesia (Rapi Indonesia) hari ini Rabu, 2 Juni 2021 menyelenggarakan acara Diskusi Publik perdana di Aula DHD 45 Gedung Joang Menteng 31, Jakarta Pusat dengan tema : “Sekolah Pembelajaran Tatap Muka Tahun Ajaran 2021/2022 Di Era Pandemi”. Acara yang dibuka oleh Aida Zasqia selaku Ketua Panitia, dihadiri oleh para perwakilan Rapi Indonesia di tiap kota yang juga merupakan orangtua siswa dan yang memberikan pidato sambutan adalah Syah Dinihari (Hari) selaku Ketua Umum DPP Rapi Indonesia yang menjelaskan secara singkat dan padat tentang profil organisasi Rapi Indonesia yang lahir pada tanggal 13 Juli 2020 lalu yang mendesak pihak pemerintah agar dapat memberikan kepastian kelanjutan pendidikan siswa tidak mampu yang tidak lolos seleksi PPDB DKI 2020 lalu ini menghadirkan tiga pembicara yakni Tian Hermawan Ketua Relawan Kesehatan Indonesia (Rekan Indonesia) DKI Jakarta, Ketua PGRI DKI Jakarta H. Adi Dasmin dan Yudha Permana dari Komisi E Bidang Pendidikan dan Kesehatan DPRD DKI Jakarta. Satu orang pembicara berhalangan hadir yakni Kadisdik DKI Jakarta.

Acara diskusi yang dimoderatori oleh Sistanto Purnomo (Anto) Sekjend DPP Rapi Indonesia ini berlangsung dari jam 10 pagi hingga 12 siang itu menghasilkan beberapa masukan penting yang akan disampaikan kepada semua pihak yang berkecimpung dalam dunia pendidikan terutama pihak pemerintah.

Ketua PGRI DKI tentang perlunya kesepakatan bersama antara pihak pemerintah, pihak sekolah dan orangtua siswa/ wali murid mengenai tata cara dan kelola Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di era pandemi Covid-19 mulai dari masuk hingga pulang sekolah.

Sementara itu Ketua Rekan Indonesia DKI menguraikan pentingnya kerjasama antara relawan kesehatan dan relawan pendidikan karena dua bidang ini kesehatan dan pendidikan merupakan hak dasar rakyat.

Tian lebih lanjut mengatakan pentingnya penyediaan fasilitas protokol kesehatan (prokes) dan hadirnya Satgas Covid-19 di tiap sekolah agar semua orang yang berada di sekolah dapat aman terhindar dari penularan Covid-19.

Yudha Permana, DPRD DKI Komisi Kesehatan dan Pendidikan mengenai keharusan adanya kajian yang matang oleh pihak pemerintah dan wakil rakyat saat akan dimulainya PTM di sekolah-sekolah nanti dan mekanisme pengajaran oleh guru di tiap kelas dengan cara kombinasi online zoom dan offline tatap muka yang bergantian setiap minggu.

Acara diskusi yang berlangsung dengan tanya jawab yang dinamis ini alhamdulilah berlangsung dengan aman dan lancar dan tentunya menerapkan protokol kesehatan yang ketat (memakai masker, cuci tangan, tempat duduk berjarak 1 meter).

Semua pihak yang hadir dalam acara diskusi ini telah bersepakat akan saling bekerjasama dan bersinergi dan akan mengundang pihak pemerintah agar dapat hadir di agenda berikutnya demi kelangsungan pendidikan yang berkualitas baik, aman dan sehat.

Leave a Comment