Tolak Omnibus Law Gabungan Mahasiswa Geruduk Kantor DPRD Kota Blitar

MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar – Aksi penolakan atas Undang undang cipta karya yang dinilai tidak berpihak kepada kepentingan nasib para nasib pekerja secara nasional termasuk nasip pekerja di Kota dan Kabupaten Blitar, gerakan massa gabungan mahasiswa GMNI dan PMII menggelar orasi di depan kantor wakil rakyat DPRD kota Blitar Kamis (08/10/20).

Massa yang diperkirakan 200 orang ini sebelum berorasi menolak undang undang Omnibus Law ini, sekitar jam 08.00 WIB massa sebelumnya berkumpul halaman Istana Gebang berkumpul di perempatan Lovi Jalan Ahmad Yani sambil meneriakan yel yel dan membentang spanduk.

Aksi unjuk rasa selain diikuti mahasiswa, juga diikuti oleh para p buruh, dan sejumlah pekerja seni di Kota Blitar. Serunya dalam aksi siang itu sepanjang jalan Ahmad Yani diwarnai adu poster antara massa aksi dan petugas kepolisian yang melakukan pengamanan, hanya dibedakan kalau massa aksi membawa poster berisi penolakan terhadap Omnimbus Law Undang-Undang Cipta Kerja, sedangkan polisi yang melakukan pengamanan membawa berbagai poster berisi himbauan agar massa aksi tetap mematuhi protokol kesehatan, mengingat saat ini di tengah pandemi Covid-19.

Kabag Humas Polres Blitar Kota Iptu Acmad Rochan mengatakan, untuk mengamankan aksi unjuk rasa ini Polres Blitar Kota menerjunkan 175 personel. Mereka dibagi menjadi tiga ring, dengan melakukan pengamanan di dalam gedung DPRD Kota Blitar, di luar pagar gedung DPRD Kota Blitar, dan pengamanan di ruas Jalan Ahmad Yani Kota Blitar.

“Selain tim yang melakukan pengamanan di tiga ring ini, juga ada tim pendisiplinan protokol kesehatan. Mereka membawa poster berisi imbauan dan membagikan masker kepada massa aksi yang sedang berunjuk rasa,” ujar Rochan.

Selanjutnya para perwakilan pengunjuk rasa diterima anggauta DPRD Totok Sugiarto,Nohan Eko Wahyudi, Ito bagus menemui dihalaman depan kantor DPRD, perwakilan menyerahkan surat permohonan dihapusnya UU Omnibus Law dan selanjutnya dikirim ke DPR RI

Aksi unjuk rasa didepan Gedung Dewan ini dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Massa aksi melakukan long march hingga berakhir pukul 11.00 WIB. (za)

Leave a Comment