Komplotan Perampok Bersenjata Gasak Duit dan Tembak Kaki Korban Berhasil Dibekuk, Polisi: Pelaku Y Residivis

MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta – Resmob Polda Metro Jaya berhasil membekuk komplotan perampok yang menggasak uang dan menembak kaki korbannya di kawasan Pademangan, Jakarta Utara, Jum’at (21/5/2021).

“Total (komplotan) ada 7 tersangka, 5 diamankan dengan peran masing-masing,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, di Gedung Ditreskrimum PMJ, Jakarta, Jum’at (28/05/2021).

Yusri menerangkan, kelima perampok yang ditangkap berinisial Y, AR, RA, HM, H, sedangkan dua orang lainnya J dan HR masih buron atau daftar pencarian orang (DPO).

“Kelima perampok ditangkap di tempat berbeda pada 26 Mei 2021. Penangkapan di Tangerang dan di Bogor,” ungkap Yusri.

“Dua orang lagi masih DPO,” tambahnya.

Lanjut Yusri menjelaskan, para tersangka memiliki peran masing-masing saat melakukan aksinya, mulai dari eksekutor, joki, hingga pengintai (mata-mata).

“Pelaku Y adalah eksekutor, yang menembak kaki korban.
Yang bersangkutan juga residivis kasus yang sama yang pernah ditangani oleh Resmob Polda Metro Jaya,” terang Yusri.

“Pelaku RA memata-matai korban saat mengambil uang di Bank. Kemudian dia (RA) memberikan info kepada rekannya (eksekutor) yang sudah menunggu diluar,” beber Yusri.

Adapun barang bukti yang diamankan berupa dua pucuk senjata api yang dibawa pelaku Y dan AR. Selain itu polisi juga mengamankan satu senjata air softgun.

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dan UU Darurat tentang kepemilikan senjata api.

Seperti diketahui, sebelumnya beredar viral video komplotan perampok bersenjata api beraksi di Jalan Pademangan III, Gang 18, Kelurahan Pademangan Timur, Pademangan, Jakarta Utara, Jum’at (21/5).

Peristiwa itu terjadi sekira pukul 11.00 WIB, bermula saat korban inisial J baru selesai mengambil uang dari bank dan hendak kembali menuju rumahnya.

Ketika hendak masuk ke garasi rumahnya, korban dipepet para pelaku yang datang dengan mengendarai dua sepeda motor.

“Pelaku berusaha mengambil paksa tas yang dibawa korban. Sempat terjadi tarik menarik antara pelaku dan korban,” kata Panji Kapolsek Pademangan AKP Panji Ali Candra, Jum’at (21/5).(Anton)

COMMENTS

Leave a Comment