Babinsa Koramil Biak Kota Jadi Penengah Dalam Mediasi Sengketa Tanah di Wilayahnya

MEGAPOLITANPOS.COM, Biak – Babinsa Koramil 1708-01/Biak Kota Serka Samidi bersama aparat pemerintah desa mediasi permasalahan sengketa tanah Bertempat di balai Desa Karyendi Distrik Yendidori, Jumat (28/05/2021).

Sebagai aparat teritorial, Babinsa mempunyai kewajiban untuk melaksanakan pembinaan teritorial di desa binaanya, serta berperan aktif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di masyarakat. Dalam hal ini, Serka Samidi dan perangkat desa menyelesaikan sengketa tanah ( X pembangunan kantor bupati Kab. Biak Numfor) yg terletak di Desa Karyendi, peradilan adat Bar Sandipdibokainkain karkara biak antara saudara Yakob Rumbiak sebagai penggugat terhadap Saudara Obed Simopiaref sebagai tergugat, kedua belah pihak merupakan warga Desa Karyendi Distrik Biak Kota.

“Mediasi ini dilakukan guna mencegah timbulnya perselisihan antar warga yang dapat menimbulkan permasalahan secara berlarut larut. Sehingga dapat diselesaikan secara kekeluargaan tanpa keributan,” ungkap Babinsa Serka Samidi.

Lanjut dikatakannya, permasalahan sengketa tanah ini belum membuahi hasil, akan kita proses secara adat untuk mencari solusi yang terbaik bagi kedua belah pihak, sehingga masalah sengketa tanah ini tidak sampai ke ranah hukum atau meja hijau.

Sementara itu, kepada aparat Babinsa setempat, Ketua peradilan adat Bar swaporibo Nehemia yarangga mengatakan, keberadaan Babinsa di desa kami sangat membantu dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang muncul di tengah masyarakat, sehingga permasalahan dapat diredam dan tidak menimbulkan konflik massa.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada kedua belah pihak yang bermasalah secara kooperatif menerima saran dan solusi dari kami dan bapak Babinsa, sementara permasalahan ini nanti akan kita lanjutkan di kantor Desa untuk di proses lebih lanjut secara adat.” tutupnya.

Hadir dalam giat mediasi,
1. Ketua Peradilan Adat Bar Swaporibo  Nehemia yarangga
2. Sekertariat Adat Luter Rumpaidus
3. Kades Karyendi Simon Petrus Ronsumbre
4. Polsek Biak Kota Iptu Lutfi
5. masyarakat adat karyendi.

Leave a Comment