MEGAPOLITANPOS.COM, PAGAR ALAM – Wali Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan Alpian Maskoni, SH melalui Surat Edaran (SE) Nomor 400/136/SD.II/2021 mengizinkan warga setempat melaksanakan Shalat Idul Fitri 1442 H berjamaah di masjid atau mushola asalkan mematuhi protokol kesehatan (prokes) secara ketat demi mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).

Dikutip dari laman Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Pagar Alam Walikota Alpian Maskoni dan keluarga mengikuti Shalat Idul Fitri di Masjid Al Akbar Komplek Perkantoran Gunung Gare, Kamis (13/5/21).

Dikatakan Alpian, meskipun shalat Idul Fitri 1442 ini dilaksanakan agak berbeda dari tahun-tahun sebelum berjangkitnya Virus Covid-19, namun tidak mengurangi khidmat dan makna hari kemenangan bagi seluruh umat Islam diseluruh dunia, khususnya di Kota Pagar Alam.

“Tahun ini Pemkot Pagar Alam menyelenggarakan Shalat Idul Fitri tidak seperti tahun-tahun sebelum berjangkitnya Covid-19, yakni secara terbuka baik dialun-alun Utara maupun Selatan, namun cukup dimasjid-masjid dan mushola itupun dengan Prokes ketat. InsyaAllah tidak mengurangi Khidmat dan makna kemenangan bagi umat Islam,” tulisnya.

Sementara itu, Wakil Walikota M. Fadli dan kelurga mengikuti prosesi Shalat Idul Fitri 1442 H di Masjid Nurul Iman Dempo Karya, Kelurahan Pagarwangi Kecamatan Dempo Utara.

Sedangkan acara silaturahmi Halal bihalal atau Open House baik dirumah dinas walikota maupun di rumah dinas wakil walikota ditiadakan.

Pantauan MEGAPOLITANPOS.COM di Masjid Aljadzilah di Komplek Air Perikan Kelurahan Nendagung Kecamatan Pagaralam Selatan, seluruh jamaah shalat Idul Fitri 1442 terlihat tertib dengan mematuhi prokes seperti menggunakan masker dan menjaga jarak.

Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Kota Pagaralam Kompol Dwi Utomo yang memantau langsung prosesi Shalat Idul Fitri 1442 H di Masjid yang merupakan masjid paling patuh se-Kota Pagar Alam dalam menerapkan Prokes Covid-19 selain Masjid Al Muawannah Dempo Reokan Kecamatan Pagar Alam Utara, menyampaikan atensi dan terimakasih atas nama Polres Pagar Alam atas partisipasi dan peran serta jamaah dalam memutus matarantai penularan Virus Covid-19 dengan cara mematuhi aturan dan saran pemerintah dalam hal ini menerapkan Peokes dengan ketat.

“Alhamdullilah, kami bangga dan berterimakasih kepada pengurus dan seluruh jamaah khususnya jamaah Shalat Idul Fitri 1442 di Masjid Aljadzilah ini yang sangat patuh atas aturan dan anjuran pemerintah dengan menerapkan Prokes Covid-19 dengan baik, semoga ini menjadi kebaikkan bagi kita semua,” sampai Wakapolres Kompol Dwi Utomo. (JF)