MEGAPOLITANPOS.COM, Blitar – Dinas Pelayanan Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMSTP) Kabupaten Blitar memberikan pelayanan terbaik guna mendorong terciptanya dinamika pembangunan ekonomi yang sehat terhadap para pelaku usaha diantaranya adalah program Los Dol.

Kepala DPMSTP Drs. Rully Wahyu Prasetyowanto, ME, mengatakan, selama pandemi Covid 19 sektor perekonomian benar-benar lumpuh, namun bagaimana agar pelaku usaha ini bisa bertahan dan bangkit, ada beberapa program kebijakan Pemkab Blitar untuk pemulihan geliat ekonomi.

“Alhamdulilah kerja keras kami ada peningkatan nilai realisasi investasi pada 2021, dilihat dari tabel kontribusi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN),” katanya

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Blitar, Drs. Rully Wahyu Prasetyowanto, ME, juga memaparkan, kontribusi PMDN realisasi investasi tahun 2021 mengalami peningkatan sebesar Rp 53 milyar lebih, parameternya menunjukkan pada masa Pandemi Covid 19 ini, usaha sudah mulai bangkit kembali .” Kami mengharapkan kenaikan ini bisa berdampak positif di saat perekonomian masyarakat dan daerah mengalami peningkatan,” ujarnya.

Lebih lanjut Rully menyampaikan, capaian Realisasi Investasi di Kabupaten Blitar Triwulan I Tahun 2021 berdasarkan data LKPM Online dan data Perizinan berusaha IUMK melalui OSS sebesar Rp 140.507.549.124 ,- yang terkontribusi dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sedangkan untuk Penanaman Modal Asing (PMA) realisasi investasinya 0 (nol).

“Dimana ada perbandingan kenaikan yang signifikan, pada periode yang sama Tribulan I tahun 2020 terdapat penanaman realisasi investasi sebesar Rp 438.797.615.749, dimana pada Triblulan I tahun 2021 kami mencatat peningkatanya mencapai Rp 580.305.164.873, yang terdiri dari capaian kontribusi PMA sebesar Rp 492.885.310.590, dan kontribusi PMDN sebesar Rp 87.419.854.283, berarti untuk kontribusi PMDN realisasi investasi tahun 2021 mengalami peningkatan, namun untuk kontribusi PMA 0,”imbuhnya.

Rully juga menambahkan, dalam upaya meningkatkan realisasi investasi Tahun 2021 di Kabupaten Blitar, DPMPTSP Kabupaten Blitar melakukan langkah langkah sebagai berikut :

  • Optimalisasi kegiatan dari dana DAK tahun 2021 yaitu melakukan kegiatan Pembinaan Pelaksanaan Penanaman Modal, melalui sosialisasi / Bimtek bagi pelaku usaha serta Kegiatan Pemantauan dan Pengawasan Pelaksanaan Penanaman Modal .
  • Peningkatan kualitas pelayanan perizinan melalui inovasi BLITAR Mudah yaitu Berinvestasi dan Layanan Izin Tanpa Ribet dari rumah, LOOS DOL, Canting OSS (Inovasi Kecamatan Pendamping OSS) dan Si JABRIC (Sistim Informasi Jaringan Blitar Regency Investment Corridor) hal ini merupakan sarana promosi agar agar masyarakat semakin lebih mudah mengurus pelayanan,” Pungkasnya. (za/mp)