Pastikan Kamtibmas Saat 1 Mei, TNI-POLRI di Yapen Gelar Apel Siaga Gabungan

MEGAPOLITANPOS.COM, Yapen – Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban saat peringatan 1 Mei, yang merupakan Hari Buruh Internasional dan juga diperingati sebagai Hari Integrasi Papua ke dalam NKRI, personil TNI Polri di Kab. Kep. Yapen menggelar apel siaga gabungan yang dilaksanakan di Mapolres Kep. Yapen, Sabtu (01/05/2021).

Kegiatan yang digelar dengan melibatkan personil dari Kodim 1709/Yawa dan juga Polres Kep. Yapen ini, disiagakan guna mengantisipasi kemungkinan timbulnya kerawanan tekait peringatan 1 Mei, yang merupakan fakta sejarah kembalinya Papua ke Indonesia.

Hal tersebut dibenarkan oleh Komandan Kodim (Dandim) 1709/Yawa Letkol Inf Leon Pangaribuan, S.H., bahwa pihaknya bersama dengan Polres Kep. Yapen menggelar kegiatan apel siaga gabungan yang dilanjutkan dengan kegiatan patroli gabungan guna mengantisipasi gangguan keamanan saat peringatan 1 Mei.

“Selain Hari Buruh Internasional, 1 Mei di Papua juga diperingati sebagai hari bergabungnya Papua ke dalam Negara kesatuan Republik Indonesia. Namun berbeda bagi kelompok yang berseberangan haluan dengan NKRI, mereka memperingatinya sebagai aneksasi atau pencaplokan Papua oleh NKRI,” terang Dandim.

“Dengan kegiatan ini, kita berharap agar masyarakat tidak terprovokasi isu negatif, dan mari kita maknai peringatan 1 Mei ini dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, peningkatan mutu pendidikan, infrastruktur dan juga dibidang kesehatan dan perekonomian di saat masa pandemi Covid-19 sekarang ini,” tambah Dandim.

Leave a Comment